Perayaan Misi SMM di Asia-Oceania, Putussibau

Pembukaan Perayaan Misi SMM di Asia-Oceania di Kalimantan Barat sudah dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2022. Setelah pembukaan, setiap paroki SMM mengadakan perayaan misi SMM di Asia-Oceania di paroki masing-masing. Paroki yang pertama merayakan adalah Paroki St. Antonius Padua, Mendalam, kemudian pada tanggal 28-29 April Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda (HSPMTB) Putussibau, juga merayakannya. Perayaan misi SMM di Asia-Ocenia di Paroki Putussibau dilakukan dengan mengumpulkan orang-orang muda di paroki-paroki SMM di sekitar Putussibau, yaitu Paroki Putussibau, Paroki St. Antonius Padua, Mendalam, Paroki Penampakan Tuhan, Siut. Tiap-tiap paroki mengirimkan 25 peserta. Antusiasme kaum muda dalam perayaan ini, nampak dari semangat mereka dalam mengikuti setaip acara.

Perayaan dilaksanakan dalam dua hari. Hari pertama dibuka dengan misa yang dipinpin oleh P. Roin, SMM. Setelah misa, acara dilanjutkan dengan makan Bersama dan ditutup dengan doa Taize. Suasana Taize menghantar kaum muda untuk berdoa dan merenungkan diri mereka. Hari kedua, perayaan diisi dengan beberapa sesi yang dibawakan oleh para Montfortan. Sesi pertama diberikan oleh P. Rafael, SMM dengan teman Kaum Muda Missioner, Sesi kedua diberikan oleh P. Martin, SMM dengan tema Spiritualitas Kaum Muda. Dalam Sesi tanya-jawab, banyak kaum muda yang bertanya, walaupun terkadang mereka masih malu untuk bertanya. Tetapi hal ini menunjukan bahwa kaum muda sungguh memiliki antusiame dalam memperhatikan setiap pembahasan

Perayaan ditutup dengan Misa Hari Raya Santo Montfort yang dipinpin oleh P. Jack, SMM. Dalam kotbah, P. Rafael, SMM menekankan petingnya kaum muda menjadi motivator dalam perkembangan gereja seperti santo Montfort yang menjadi motivator bagi umat, Kerjasama antara para imam dengan awam seperti santo Montfort yang merangkul awam dan berkerjasama dengan awam dalam membangun iman. Setelah Misa Hari Raya St. Montfort, peserta menampilkan kreatifitas masing-masing, yaitu tarian, nyanyian, dan puisi.

Kerjasama antara para imam dan awam sudah Nampak dalam perayaan ini, dimana para imam Montfortan berkerjasama dengan awam, khususnya kaum muda bekerjasama dalam mensukseskan perayaan, baik dari persiapan, hari perayaan, dan juga pada saat setelah perayaan.

P. Stefanus Leba, SMM

Bagikan:

    Rafael
    01/05/2022

    Montfort animator kaum muda dan kolaborator sejati...menjadi contoh bagi animasi dan kolaborasi misioner..

    Terima kasih pastor Leba

Berikan Komentar