Misi SMM

Misi SMM tidak terlepas dari misi Gereja Katolik dan misi yang digambarkan oleh Santo Montfort sebagai pendiri SMM. Santo Montfort menginginkan kelompok imam yang dibawah panji dan perlindungan Bunda Maria, maka Misinya juga dilaksanakan dibawah panji dan perlindungan Bunda Maria.

Misi Serikat Maria Montfortan dinyatakan dalam Konstitusi sebagai berikut:
“Misi kita dalam Gereja  terletak dalam mengungkapkan misteri penyelamatan kepada mereka yang belum mengenal;  dalam membantu mereka yang sudah mendengar Kabar Gembira pada penemuan kembali dan memperdalam misteri Penyelamatan itu, melalui penyadaran kembali arti janji baptis mereka. .”

Dan berbicara tentang karakter khusus Kongregasi, Konstitusi menambahkan:
“Corak Marial dalam Serikat Maria adalah unsur hakiki Kongregasi kita dan Maria bukan hadir secara kebetulan saja dalam kehidupan para misionaris; Bakti kepada Maria merupakan bagian integral hidup rohani dan kerasulan mereka.”

Kapitel Umum Serikat Maria 1993, sesuai dengan seruan Paus Yohanes Paulus II untuk “‘evangelisasi baru”, diusulkan sebagai orientasi utama Kongregasi untuk tahun-tahun mendatang: “Penginjilan dengan cara Montfort sendiri, dengan mengadaptasi spiritualitas Montfortan ke budaya yang berbeda-beda.”