Temu Akbar Orang Muda Katolik Paroki Lebang

Dalam merayakan perayaan Misi SMM di Asia-Oceania Tahun 2022, Paroki Ratu Rosari, Lebang mengadakan Temu Akbar Orang Muda Katolik. Bergerak Bersama Menuju Terang Sembari Berakar Kuat Pada Budaya Dan Iman Katolik merupakan tema yang diambil pada kegiatan Temu Akbar (TEBAR) Orang Muda Katolik (OMK) Se-Paroki Maria Ratu Rosari Lebang yang dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 8 Mei 2022 yang lalu. Dengan jumlah peserta 150 orang yang tidak lebih banyak dibandingkan TEBAR pertama tahun 2019 yang lalu, tidak menyurutkan semangat orang muda untuk bertemu dan melaksanakan kegiatan yang sudah diagendakan pada awal tahun pada saat Rapat Pleno Dewan Pastoral Paroki (DPP).

Kegiatan Temu Akbar (TEBAR) kedua ini dilaksanakan di Rumah Betang Ensaid Panjang, Dusun Rentap Selatan, Desa Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang. Stasi Ensaid Panjang merupakan salah satu dari 36 Stasi di wilayah Paroki Lebang dan satu-satunya yang memiliki aset budaya yang terkenal di Kabupaten Sintang yaitu Rumah Adat Betang. Rumah Betang Ensaid Panjang ini memiliki 27 Bilik yang menjadi tempat penginapan para peserta sehingga seluruh acara dilaksanakan di satu lokasi supaya peserta bisa mengenal dan merasakan tinggal di Rumah Betang.

Persiapan yang cukup singkat kurang lebih 40 hari saja cukup membuat panitia bekerja lebih ekstra, terlebih lagi kegiatan yang pertama kali dilaksanakan bukan di Pusat Paroki dan aset budaya. Kurang lebih 50 orang panitia yang lebih banyak dari OMK tuan rumah sendiri yaitu Stasi Ensaid Panjang dibantu dengan beberapa koordinator dari Pengurus Inti OMK Paroki. Umat di Betang dan Stasi Ensaid Panjang pun mendukung kegiatan ini dengan berbagai upaya baik moril maupun tenaga dengan membantu dari mulai persiapan hingga pelaksanaan kegiatan.

Sebagai upaya untuk mengenalkan budaya kepada peserta TEBAR kali ini diisi dengan kegiatan – kegiatan yang sangat seru dengan mengadakan Lomba Menyumpit, Lomba Menumbuk Padi dan Lomba Mazmur. Ada juga penampilan pentas seni yang diisi dengan tarian tradisional, dance tiktok, dan masih banyak lagi penampilan dari peserta yang tak kalah seru. Outbond juga menjadi favorite bagi peserta untuk dapat berbaur dan mengenal satu sama lain dalam kegiatan ini, dan ada pula Ibadat Tobat serta pengakuan dosa yang selalu menjadi permintaan OMK jika akan diadakan kegiatan.

Temu Akbar (TEBAR) OMK yang dilaksanakan di Rumah Betang Ensaid Panjang ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sintang sekaligus memberi materi mengenai Generasi Muda dan Kebudayaan. Kemudian materi kedua diisi dengan materi tentang Penggunaan Media Sosial oleh Pastor Stefanus Leba,SMM yang juga memegang Media Sosial milik Kongregasi SMM. Materi selanjutnya diisi oleh Pastor Kepala Paroki Pastor Marselinus Ngebu,SMM yang memberi pencerahan tentang mempertahankan iman Katolik bagi kaum muda. Dan tidak kalah pentingnya tentang Menata Masa Depan bagi kaum muda yang diberikan oleh KSP Tepian Taduh.

Melihat semakin banyaknya pengaruh dari luar terutama penggunaan media sosial yang memudahkan anak muda untuk mengakses segala sesuatu dan semakin maraknya kasus pernikahan dini, pindah agama karena pasangan (menikah), dan anak muda yang tidak terfikirkan untuk menyiapkan masa depan dengan memiliki tabungan sendiri, materi-materi tersebut sangat berguna bagi kaum muda dan mudah diterima dengan baik. Diharapkan kaum muda mampu mengenal dan mengontrol diri sendiri agar tidak terlena dengan dunia dewasa ini, memiliki pemikiran untuk berinvestasi sejak dini dan bagaimana caranya mempertahankan iman katolik yang merupakan warisan dari orang tua yang dibaptis sejak dari kecil. Serta semakin mengenal dan mempertahankan budaya serta adat istiadat sendiri agar semakin melekat dalam diri sebagai kaum muda.

Yuliana. AE

Bagikan:

    Albertus Teddy
    13/05/2022

    Sosial media menang punya pengaruh positif dan negatif, hindari yg negatif dan manfaatkan yg positif 🙏

Berikan Komentar