Pembukaan Novisiat Baru di Delegasi Afrika Berbahasa Perancis

KINSHASA, RD Kongo – Pada tanggal 15 Agustus 2022, pada Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, kami menerima rahmat, hadiah dari surga. Itu adalah pembukaan novisiat baru dalam Serikat Maria Montfortan. Sebuah tahap baru pembentukan bagi  Delegasi Jendral Afrika berbahasa Perancis, 89 tahun setelah kedatangan para perintis misionaris pertama di Republik Demokratik Kongo.

Pembukaan novisiat baru ini berlangsung di Kinshasa, Komunitas Mont-Ngafula/Kimbondo di Keuskupan Kisantu. Misa yang dipimpin oleh Pastor Louis-Guelord ASEME, SMM, Pemimpin Delegasi. Rumah baru itu didedikasikan pada perlindungan ibu Maria, Bunda Rosario Tersuci, mengacu pada intuisi mendasar dan pentingnya selalu diberikan kepada Rosario oleh Montfort sebagai misionaris dan guru spiritual. Bagi Pastor de Montfort, Rosario Maria selalu menjadi sekolah pembinaan, sekolah iman, sekolah pertobatan. Dia tidak hanya mengalaminya, tetapi dia juga dapat membaca dalam sejarah doa Maria ini, buah-buah kehidupan pewartaan dan kekudusan yang dihasilkannya dalam umat beriman (bdk. Rahasia Rosario, 1).

Pada nomor 193 buku Cinta Kebijaksanaan Abadi dan yang sesuai dengan nomor 9 Rahasia Rosario Suci (SR), Saint Louis-Marie mengingat bahwa Rosario “mencerahkan semangat, mengobarkan hati dan memungkinkan jiwa untuk mendengarkan suara Kebijaksanaan, untuk merasakan manisnya dan memiliki harta karunnya” dan menambahkan: “Bagi saya, saya tidak menemukan apa pun yang lebih kuat untuk menarik Kerajaan Allah, Kebijaksanaan Abadi, ke dalam diri kita, selain menggabungkan doa vokal dan doa mental dengan melafalkan Rosario Suci dan merenungkan 15 misteri yang dikandungnya”. Dalam usulan novisiat kita memiliki Maria sebagai pelindung, keinginan kuat kita adalah untuk “menempatkan diri kita di sekolah Maria, untuk membiarkan diri kita diperkenalkan kepada kontemplasi keindahan wajah Kristus dan pengalaman kedalamancinta-Nya.” (lih. Rosarium Virginis Mariae, 2).

Maria, parafrase Frédéric Ozanam, adalah tipe yang harus kita upayakan untuk disadari: sebagaimana dia sendiri menyadari tipe ilahi yaitu Kristus; itu adalah kehidupan yang harus dilanjutkan: sama seperti Tuhan ingin Maria membawa Dia yang membawa segala sesuatu ke dunia, Tuhan yang sama ini ingin kita hari ini untuk bergabung dengan saudara/saudari kita dalam kemanusiaan (lih. Menghayati Ekaristi bersama Maria, di Louis -Marie Grignion de Montfort, Le Livre d’or, Edisi 2021, hal.375); hati yang harus dihangatkan; kecerdasan di mana seseorang harus mencari cahaya; model di bumi dan pelindung di surga yang layak mendapat kultus ganda: imitasi dan doa. Pilihan nama kita dapat diringkas dalam undangan besar dari Pendiri kita ini, “Coepit Jesus facere et docere (Kisah Para Rasul 1,1). Marilah kita meniru Yesus Kristus, yang memulai dengan melakukan apa yang diajarkan-Nya” (RS, 2) dan kita akan menjadi bebas, dapat berkata setiap hari, “Tuhan, di mana Engkau ingin aku melayani-Mu?”

Upacara pembukaan memiliki dua momen penting: pelantikan Pastor David GIAPUNDA, SMM, sebagai Master Novice, diikuti dengan pengakuan imannya dan masuknya ke novisiat 9 postulan: Vincent, Yannick, Floribert, Jofred, Guellord, Adolphe, Justin dan Tresor. Dalam homilinya, dalam terang teks hari itu, Pastor Louis-Guelord mengundang kita untuk berharap, tidak menyerah pada godaan seperti Perawan Maria “Tuhan lebih kuat dari naga karena, kekuatannya menghancurkan semua kekuatan jahat. Naga itu meskipun kuat, kekuatannya tidak berhasil mengakhiri proyek Tuhan; tidak berhasil mengganggu atau menjadi penghalang bagi rencana Tuhan yang dimanifestasikan dan diwujudkan melalui Maria”.

Misa diikutii keluarga Montfortan: para novis Putri Kebijaksanaan yang hadir, menghidupkan Misa; Bruder Ruphin, dari Provinsi bruder St. Gariel, Pastor Frédéric SMM dan Jean-Paul, SMM, berbagai Kongregasi dan umat beriman yang tinggal di dataran tinggi Kimbondo.

Sebelum pemberkatan terakhir, kami mengikuti dua pesan penting: salam dan dukungan dari Superior Jenderal, Pastor Luiz Augusto STEFANI, SMM, dan Asisten Jenderal yang bertanggung jawab atas Afrika-Madagaskar, Pastor Felix Mabvuto PHIRI, SMM. Kami mengakhiri dengan ramah tamah yang disajikan dengan baik oleh Pastor Jean-Louis WENZA, SMM, Socius dan Ekonom dari novisiat. Terima kasih, kami mohon doa-doa Anda dan kami berdoa untuk Anda masing-masing!

Tim Novisiat

Bagikan:

Berikan Komentar