Membangunan Tim Misi di Inggris

ASHURST, UK – Pada tahun 2019, entitas GB/I telah didirikan sebagai “komunitas yang melekat pada Generalat”. Pada tahun 2020, P. Norwyn BAYDO, SMM, Pemimpin Filipina, mengangkat P. Richard MAGARARU, SMM sebagai misionaris baru untuk Inggris, dengan mengatakan: “Sejak tahun lalu, kami telah mulai merefleksikan dan melibatkan diri dalam dialog dan membuka kerjasama misi baru yang akan menjamin kelanjutan misi Montfortan kami di Inggris”.

Setelah kedatangan P. Richard di Roma pada akhir Oktober 2021, Administrasi Umum telah menunjuk tim misi yang terdiri dari P. Richard MAGARARU, SMM (61), P. Des CONNOLLY, SMM (58), P. Nelson CABAÑERO, SMM (52) sembari menunggu kedatangan Fr. Oliver ABASOLO, SMM (seorang skolastik dari kaul sementara) dan Montfortan muda lainnya. Sebagai anggota senior dari entitas ini, P. Kieran FLYNN, SMM (76) dan Br. Anthony HANLY, SMM (85) akan menginformasikan setiap tahapan tim misionaris agar dapat memberikan dukungan sesuai kapasitas dan kondisinya.

Sejak awal, kami melihat pentingnya pertemuan zoom reguler dengan Sekertaris Jendral untuk tumbuh bersama sebagai tim misi. Selama delapan bulan terakhir, kami telah berbagi berbagai tema, terutama harapan dan ide setiap anggota untuk masa depan Montfortan di Inggris sesuai dengan karisma kami.

Selama hari-hari kunjungan kanonik (16-21 Juni 2022), P. Luiz A. STEFANI, SMM, P. Marco PASINATO, SMM, P. Des CONNOLLY, SMM dan P. Nelson CABAÑERO, SMM telah mendengarkan beberapa orang  (Monsignor Martin HAYES, Uskup John SHERRINGTON dari Westminster, Monsignor Vincent HARVEY, Uskup Philip EGAN dari Portsmouth), menanyakan masing-masing dari mereka tentang bagaimana mereka melihat kehadiran Montfortan dalam gerakan Evangelisasi Baru di Gereja Lokal.

Setelah refleksi mendalam, Dewan Jendral telah sampai pada saran berikut untuk perjalanan misionaris entitas ini:

1. Dengan hidup dan berdoa bersama, Anda akan melihat dan mengalami proyek apostolik, yang setia pada karisma Montfortan kita.

2. Setibanya di Inggris, P. Richard harus datang untuk tinggal di Ashurst. P. Nelson juga harus pindah dari London ke St. Joseph’s Ashurst. Untuk berbagi pengalamannya sebagai fasilitator, P. Marco akan tetap di Inggris sampai setidaknya kedatangan P. Richard.

3. Kolaborasi Anda dengan Gereja Lokal dapat dilakukan melalui tiga poros utama ini:

a.  Keramahtamahan ditawarkan di Rumah doa dan kedamaian ini.

b. Karisma Montfortan dengan elemen Evangelisasi, Maria, Siap-sedia dan Bertindak bersama-sama.

c. Kekayaan dalam keragaman dan kesatuan Tim Internasional.

4. Sementara itu, rumah London harus direnovasi, membiarkan terbuka semua prospek untuk penggunaan masa depan: penggunaan apostolik, sewa, penjualan, dll.

5. P. Nelson bisa berlibur ke Filipina mulai pertengahan November.

6. Setelah jangka waktu yang wajar (mungkin Juni 2023), tim akan mempresentasikan evaluasi pengalaman mereka kepada Sekertaris Jendral sehingga mereka dapat terus meningkatkan misi mereka.

Seperti yang dikatakan Uskup Philip EGAN di akhir kunjungan kami: “Marilah kita memohon kepada Tuhan untuk memberkati pekerjaan di St. Joseph’s Ashurst dan menunjukkan jalan yang benar ke depan kepada kita”.

P. Marco PASINATO, SMM

Bagikan:

Berikan Komentar