Himne Montfort

Terlepas dari karya-karya utamanya (Bakti sejati kepada Perawan Terberkati, Rahasia Maria, Cinta Kebijaksanaan Abadi, Surat kepada Sahabat Salib, dan Rahasia Rosario), yang paling dikenalnya, dan beberapa karya pendek, St. Louis Mari de Montfort menulis sejumlah besar Himne atau Kidung, yang mencapai lebih dari 800 halaman dalam edisi Prancis dari Karya Lengkapnya – hampir setengah dari keseluruhan karyanya. Menurut penelitian yang paling otoritatif, ada 164 himne, sebagian besar memiliki 30 atau lebih bait multi-baris, sehingga totalnya sekitar 24.000 baris.

Tujuan dari himne bukanlah untuk memberikan selingan musik atau bahkan pengiring bagian penting dari Liturgi, melainkan dimaksudkan sebagai alat pengajaran, disesuaikan dengan tingkat pendidikan dan pemahaman dari penduduk kota dan orang-orang desa dimana St Louis Marie berkhotbah dalam Misi Parokinya.

Untuk membuatnya lebih berkesan dan menarik bagi orang-orang biasa, St. Louise Marie sengaja memasukannya ke lagu-lagu yang catchy dan mudah diingat yang sudah akrab bagi pendengarnya – sering kali lagu-lagu dansa populer di zamannya – sentuhan modern yang mengejutkan bagi orang yang tidak begitu mengenal tarian.