Deo Soli Monastery

Deo Soli Mission House, Putussibau

Deo Soli Mission House is the new name given to the home of the Montfortans. Previously, the name used was Deo Soli Monastery or Deo Soli Retreat House. This name change shows the role and designation of this house, which is a place for Montfortian to take mission and this house is not just a retreat house.

The construction of the Deo Soli Mission House in Putussibau is nearing completion. December 2000 is referred to as the construction end date. The results of the evaluation of the activities of the Montfortans in Putussibau show progress, both by the priests who serve in the parish and by the brothers who are in pastoral care. Therefore council berpendapat, sebaiknya ada tiga tenaga pastor yang tinggal di pastoran yaitu Pater Sumadi, yang akan dipertahankan sebagai pastor kepala, Yosep Jehara dan Stef Seli. Mereka akan menetap di pastoran dan bekerja sebagai tim dan merupakan bagian dari komunitas Rumah Misi walaupun masing-masing menangani sebuah paroki. Komunitas Pasar kecuali Yosep Jehara akan secepatnya pindah ke biara baru tadi.

Komunitas Rumah Misi akan segera membentuk tim pastoral kategorial mengikuti contoh Sintang. Sebagai kepala tim ditunjuk Br. Gunarto yang baru pindah dari Sintang. Tim ini tetap siap memberi asistensi kepada paroki-paroki. Biaya atau running cost biara baru di Putussibau untuk tahun pertama akan dicermati dulu dan berdasarkan itu barulah biara Putussibau akan mendapat gambaran untuk merencanakan anggaran tahun berikutnya. Bruder Gunarto ditunjuk sebagai pemimpin biara dan Masjon sebagai ekonom.

Berdasarkan konstitusi, superior komunitas adalah seorang imam. Untuk itu, kedudukan Bruder Gunarto sebagai superior komunitas Rumah Misi ini harus mendapat dispensasi dari Roma, namun Roma tak pernah mengeluarkan dispensasi itu. Setelah ditanya, ternyata Pater Jenderal Bill Considine mengatakan agar mempersilakan Br. Gunarto menjadi pejabat superior, karena jika menunggu dikabulkannya izin maka akan memakan waktu yang terlalu lama. Rumah Misi Deo Soli yang dibangun sejak Mei 1999, diberkati pada tanggal 10 Januari 2001 oleh Mgr. Agustinus Agus.