Bakti Sejati Kepada Maria

Ini adalah buku St. louis Marie de Montfort yang paling dikenal. Meskippun demikian  harus dibaca Dalam konteks Cinta Kebijaksanaan Abadi, di mana ia menjelaskan bahwa “bakti yang lembut kepada perawan yang Terberkati” hanyalah sarana (walaupun cara yang paling efektif) untuk memperoleh dan melestarikan Kebijaksanaan Ilahi.

Dalam Bakti Sejati, St. Louis Marie memaparkan ajarannya tentang bakti kepada Maria secara umum, dan mengusulkan suatu bentuk bakti khusus, yang melibatkan bakti yang total atau pengudusan diri kepada Yesus melalui tangan Maria. Bagian pertama buku ini dikhususkan untuk menunjukkan bahwa bakti kepada Maria bukanlah tujuan itu sendiri. Itu selalu merupakan sarana untuk menjadi lebih berdedikasi pada pelayanan Yesus Kristus. Namun, ia mengklaim, sarana yang diperlukan untuk ini, dan memang cara paling pasti untuk mencapai tujuan ini. Dia memeriksa Kualitas itu dari apa yang dia sebut bakti “benar” (atau tulus) kepada Maria, sebagai lawan dari bakti palsu. Dan dia menjelaskan bahwa ada banyak jenis bakti sejati kepadanya. Namun dia mengklaim, berdasarkan pengalaman dan bacaannya sendiri, telah menemukan satu bentuk bakti kepada Maria yang tujuannya untuk membawa kita lebih dekat kepada Yesus Kristus) lebih efektif daripada yang lain.

Bentuk bakti pengabdian kepada Maria yang dirujuknya (dan yang dengan sungguh-sungguh ia usulkan kepada para pembacanya) terdiri dari bakti total diri kepada Yesus Kristus melalui tangan Maria. Dedikasi total ini ia sebut sebagai pengapdian dan dia dengan hati-hati menjelaskan bahwa, meskipun kita mungkin berbicara tentang “pengapdian kepada Maria”, ini harus selalu dipahami hanya sebagai langkah menuju “pengapdian kepada Yesus Kristus”. penjelasan tentang apa arti pengabdian total ini dalam praktik, dan dengan deskripsi efeknya pada orang yang melakukannya dimaksudkan untuk mendorong kita untuk memeluknya. Ini juga memeriksa berbagai praktik pengabdian yang dimaksudkan untuk membantu kita menjalaninya, baik ” praktik eksterior” dan “interior”, demikian ia menyebutnya. Di antara praktik eksterior, ia berbicara tentang pendarasan Rosario, sebuah topik yang ia bahas lebih lengkap dalam Rahasia Rosario yang Terpuji.

Bentuk bakti kepada Maria ini dikenal pada zaman St. Louis Marie (dan sebelumnya) sebagai “Perhambaan Suci”, dan dia menghabiskan beberapa waktu untuk menjelaskan arti dari frasa ini, bersikeras bahwa, jauh dari perbudakan paksaan, itu harus sebuah “perperhambaan karena cinta”. Ungkapan lain yang lebih selaras dengan cara berpikir modern kita, dapat dengan mudah digunakan menggantikan ini.

Karya St. Louis Marie lainnya. Rahasia Maria, adalah presentasi yang lebih singkat dari banyak hal yang sama seperti yang ditemukan dalam Bakti Sejati.